Latest News
Thursday 4 June 2015

Universitas Sains Al-Qur'an ( UNSIQ )



Profile
Lambang UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo didesain sebagai suatu identitas, citra dan spirit bagi segenap sivitas akademika  dalam menjalani kehidupan serta  menghadapi tantangan dan perubahan zaman.
Sifat terbuka dalam menerima dan menyerap ilmu pengetahuan dan teknologi diwujudkan dalam bentuk lambang tulisan bulat “Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah Wonosobo” tanpa dibatasi dengan garis yang melingkar di luar tulisan tersebut. Keterbukaan tersebut didasarkan pada selempang merah putih yang melambangkan kebangsaan, dan di tengah-tengah selempang terdapat bintang yang bersinar.
Gambar bintang bersinar berwarna kuning keemasan melambangkan Ketuhanan Yang Maha Esa, sebagaimana tercermin dalam QS. Al-Ikhlas. Kitab Suci yang terbuka melambangkan keterbukaan dalam menimba ilmu pengetahuan sebagai fokus keilmuan. Keris putih tegak lurus melambangkan kejuangan dan kesucian dalam meraih ilmu pengetahuan. Di atas Kitab Suci terbuka ada dua bulu di samping kanan dan kiri dengan di tengahnya terdapat keris putih yang berdiri tegak dengan dilatarbelakangi gambar masjid dan pohon beringin melambangkan suasana diniyah, ukhuwah, dan ilmiah dalam menciptakan karya-karya ilmu pengetahuan yang memadukan pendidikan modern dan mutiara pesantren.
Tulisan Arab “al-jami’ah li ’ulumil-qur’an” merupakan ciri khusus dan ruh dalam perjuangan dalam mencari ilmu-ilmu Al-Qur’an dalam lembaga pendidikan tinggi berbasis Al-Qur’an. Hal ini juga selaras dengan background warna dasar biru yang melambangkan dinamika perjuangan bagi seluruh sivitas akademika UNSIQ sebagaimana tulisan “UNSIQ” di bawah Kitab Suci. Di bawahnya terdapat pita merah dengan tulisan “JawaTengah” merupakan perguruan tinggi yang memiliki ciri keal-qur’anan yang dimiliki Propinsi Jawa Tengah yang secara geografis memiliki posisi strategis di Pulau Jawa.
Bentuk lambang  dengan  segi lima memiliki  dua fungsi dalam arti lambang kenegaraan, yaitu Pancasila dan Rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh umat Islam sebagai bentuk ketundukan dan keikhlasan dalam melaksanakan Syari’at Allah sebagaimana ketentuan dalam Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah saw. Dasar lambang yang ber-warna biru memberikan inspirasi terhadap dinamika, perkembangan, dan kualitas keilmuan yang didasarkan pada nilai-nilai Al-Qur’an.
Semua perlambangan dan karakteristik tersebut diharapkan menjadi landasan, spirit, dan moral bagi sivitas akademika UNSIQ untuk mencapai rahmatan lil ‘alamin dan meraih mardhotillah.

Visi
Oleh karena berdirinya UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo didasarkan pada latar belakang dan kenyataan bahwa UNSIQ merupakan pendidikan tinggi model transformasi pesantren, maka visi UNSIQ dirumuskan sebagai berikut:“MENUJU UNIVERSITAS TRANSFORMATIF, HUMANIS DAN QUR’ANI.”

Misi
  1. Menciptakan Lulusan yang mampu mentransformasikan nilai-nilai Al-Qur’an dalam kehidupan.
Lulusan UNSIQ yang dihasilkan mampu mentransformasikan nilai-nilai al-Quran dalam kehidupan. Artinya; pesan-pesan moral, ilmu pengetahuan, sejarah, perumpamaan dan sebagainya yang ada dalam al-Quran dapat teraplikasikan dalam sikap dan prilaku hidup keseharian semua civitas akademika, dalam rangka memberdayakan ilmu guna kesejahteraan manusia, seperti tugas atauamanahnya sebagai khalifah fi al-ardl.
  1. Membentuk pribadi lulusan yang mampumemadukan mutiara pesantren dengan pendidikan modern dalam dinamika budaya, sosial dan politik kebangsaan.
Karakter pribadi lulusan yang dihasilkan UNSIQ dapat memadukan mutiara pesantren dengan pendidikan modern dalam dinamika budaya, sosial dan politik kebangsaan. Yakni pribadi yang mengembangkan sikap tasammuh (toleran), tawazun (seimbang), tawashuth (moderat) dari kebiasaan kehidupan santri pesantren dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Tujuannya meminimalisir budaya politik kepentingan diri sendiri dan kelompok, mendahulukan maslahatu ‘ammah(kepentingan umum) masyarakat dan bangsa.
  1. Civitas akademika dan lulusan UNSIQ dapat membudayakan kreatifitas, dan inovasi tiada henti dalam suasana diniyah, ilmiah dan ukhuwah dalam membantu memberikan solusi dari permasalahan hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara..
Civitas akademika dan lulusan UNSIQ dapat membudayakan kreatifitas, dan inovasi tiada henti dalam suasana diniyah, ilmiah dan ukhuwah dalam membantu memberikan solusi dari permasalahan hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Inovasi tiada henti ini merupakan langkah nyata dari kebermaknaan transformasi iptek yang positif untuk kesuksesan proses dan hasil belajar dengan tetap menjaga nilai-nilai humaniora yakni situasi kondisi masyarakat Jawa Tengah dan Indonesia yang diniyah (religius).
  1. Menciptakan lulusan UNSIQ yang responsif, konstruktif dalam menyikapi perubahan dan kemajuan sainstek.
Menciptakan lulusan yang memiliki sikap responsive dan konstruktif dalam menerima perubahan dan kemajuan sainstek ditujukan kepada semua civitas akademika penyelenggara perguruan tinggi UNSIQ, juga para lulusan yang diluluskan agar cerdas dalam menghadapi perubahan sosial, budaya, seni dan teknologi, yang mana perubahan itu kadang lebih cepat dari kemajuan diri institusi UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo.
  1. Membudayakan karakter lulusan sebagai cendikiawan muslim yang mampu mengaktualisasikan mutiara luhur pesantren dan keungulan universitas modern dalam implementasirahmatan lil’alamin.
Membudayakan karakter lulusan sebagai cendikiawan muslim yang dapat mengaktualisasikan mutiara luhur pesantren dan keungulan universitas modern dalam implementasirahmatan lil’alamin merupakan upaya sungguh-sungguh dari kemampuan diri menuju optimalisasi peran manusia UNSIQ sebagai pengelola bumi Allah swt. yang unggul dan bermanfaat untuk lingkungan masyarakatnya masing-masing. Di samping itu, lulusan UNSIQ mampu mengembangkan peran yang kompetitif secara nasional dan regional di tingkat ASEAN dan ASIA BARAT (NEGARA ARAB).

Fakultas/Program Studi

Fakultas dan Program Studi yang ada di UNSIQ:

1. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
a. Pendidikan Agama Islam
b. Pendidikan Guru Roudhotul Athfal
c. Pendidikan Fisika
d. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
e. Pendidikan Bahasa Arab

2. Fakultas Komunikasi dan Sosial Politik
a. Komunikasi Penyiaran Islam

3. Fakultas Syari’ah dan Hukum
a. Akhwalus Syakhsiyah / Hukum Keluarga Islam
b. Muamalah / Hukum Ekonomi Islam
c. Ilmu Tafsir dan Qur’an
d. Ilmu Hukum

4. Fakultas Ekonomi
a. Akuntansi
b. Manajemen

5. Fakultas Ilmu Kesehatan
a. Keperawatan
b. Kebidanan

6. Fakultas Bahasa dan Sastra
a. Sastra Inggris

7. Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
a. Arsitektur
b. Teknik Sipil
c. Teknik Informatika
d. Menajemen Informatika
e. Teknik Manufaktur
f. Teknik Elektronika

8. Program Pascasajana
a. Magister Pendidikan Islam
b. Magister Studi Islam

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Universitas Sains Al-Qur'an ( UNSIQ ) Rating: 5 Reviewed By: Mutawajikhu