Latest News
Friday 5 June 2015

Tips Beberes Usai Lulus Kuliah



JAKARTA - Setelah jadi sarjana, saatnya beberes kamar dan menyortir barang-barang yang pernah dipakai. Supaya efektif, simak tips beberes usai lulus kuliah berikut ini.
Salah satu triknya adalah, menyimpan beberapa barang yang mungkin akan kamu butuhkan lagi. Dikutip dari Collegelife About, Selasa (5/5/2015), berikut beberapa barang yang sebaiknya tetap kamu simpan.

1. Contoh beberapa hasil karya terbaikmu
Setelah kamu lulus kuliah, beberapa mahasiswa berpikir seluruh hasil tugas saat kuliah tidak terpakai lagi. Tapi, kamu harus menyortirnya dengan baik. Pisahkan karya-karya terbaik yang pernah kamu buat. Hasil-hasil tersebut suatu saat bisa ditanyakan oleh perusahaan saat kamu melamar kerja. Jika perlu, scan beberapa tugas, seperti esai, portofolio, laporan, dan sebagainya.

2. Informasi yang berhubungan dengan tagihan
Simpanlah seluruh dokumen yang berhubungan dengan transaksi finansial di tempat yang aman. Dokumen-dokumen tersebut adalah bukti dan informasi yang penting. Jika suatu saat dibutuhkan, kamu akan mudah untuk menemukannya.

3. Baju-baju kuliah
Beberapa orang ingin mendonasikan seluruh baju-baju yang mereka pakai saat kuliah. Namun, tidak ada salahnya jika kamu tetap menyimpan beberapa baju tersebut untuk dijadikan sebagai kenang-kenangan. Baju-baju tersebut juga bisa kamu pakai kembali di berbagai acara.

4. Fotokopi transkrip nilai
Setiap semester, kamu pasti akan diberi transkrip nilai oleh kampus. Meskipun setelah lulus kamu akan mendapatkan transkrip secara keseluruhan, jangan buang trasnkrip-transkrip sebelumnya. Kamu perlu mengopi transkrip-transkrip tersebut karena tidak mustahil perusahaan yang akan merekrutmu menanyakan transkrip secara lengkap.

5. Fotokopi surat pindah
Beberapa mahasiswa mungkin pernah melakukan pindahan dari satu tempat ke tempat lain. Jika kamu termasuk mahasiswa tersebut, jangan sampai surat-surat yang berhubungan kepindahan tersebut hilang.

6. Buku-buku kesayangan
Sama halnya dengan baju, mungkin kamu juga berniat untuk mendonasikan buku-buku kuliahmu. Namun, ada baiknya jika kamu tetap mempertahankan buku yang kamu sukai. Selain bisa dijadikan kenangan, buku tersebut memiliki nilai tersendiri bagi kehidupanmu di masa kuliah.

7. Kartu mahasiswa
Ketika kamu lulus, mungkin kartu tanda mahasiswa sudah tidak terpakai lagi. Tapi, setelah 20 sampai 30 tahun lagi kartu itu bisa kamu lihat lagi untuk mengenang masa-masa kuliahmu. Kamu bisa menyimpan kartu tanda mahasiswa dan kenangan-kenangan lainnya di suatu kotak. Benda-benda itu akan menjadi harta karun yang tidak ternilai bagi hidupmu kelak. (ira)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Tips Beberes Usai Lulus Kuliah Rating: 5 Reviewed By: Mutawajikhu